Selasa, Mei 15

KONSEP MANUSIA


KONSEP MANUSIA

Manusia sebagai mahluk holistik (menyeluruh) yang memiliki sifat meliputi biologis (manusia merupakan suatu susunan sistem organ tubuh yang mempunyai kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya serta memiliki hukum alam untuk lahir – berkembang – mati), psikologis (manusia mempunyai struktur kepribadian, daya pikir dan kecerdasan  yang dimanifestasikan melalui tingkah laku sehingga dapat berkembang), sosial (manusia perlu hidup dan bekerja sama dengan orang lain, dimana hal ini dipengerahui oleh kebudayaan dan adaptasi dengan lingkungannya sehingga tingkah laku yang terwujud dapat sesuai dengan harapan dan norma setempat)  dan spiritual (manusia mempunyai keyakinan dan pandangan hidup serta dorongan yang sesuai dengan sifat religius yang dianut). Seluruh organisme hidup saling berinteraksi, dimana bila terdapat gangguan pada satu bagian akan berpengaruh terhadap bagian lain.
Manusia sebagai sistem yang terdiri dari unsur-unsur (sub sistem) yang memilki batasan dan tujuan tertentu. Selain itu manusia sebagai sistem adaptif (memiliki proses perubahan yang terjadi dalam individu sebagai respon terhadap perubahan lingkungan) dan personal (individu), interpersonal (kelompok) dan sosial (masyarakat).

KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Menurut King (1976) menyatakan bahwa kebutuhan dasar manusia sebagai suatu energi di dalam atau di luar organisme yang ditunjukkan melalui respon perilaku terhadap situasi kejadian atau orang.
Sedangkan menurut Roy (1976), kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan individu yang menstimulasi respon untuk mempertahankan integritas.
Menurut Abraham Maslow, kebutuhan dasar manusia meliputi : 


 
Karakteristik Kebutuhan Dasar Manusia
1.      Setiap manusia mempunyai kebutuhan dasar yang sama
2.      Seseorang akan memenuhi kebutuhannya sesuai prioritas kebutuhan
3.      Kegagalan dalam memenuhi kebutuhan akan mengakiibatkan sakit
4.      Kebutuhan akan saling berkaitan

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Dasar Manusia
1.      Penyakit
2.      Hubungan yang berarti --> keluarga, lingkungan dan support
3.      Konsep diri --> Pandangan diri yang positif
4.      Tahap perkembangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar